Saturday, August 4, 2012

Liputan : Le spectacle de danses Indonésiennes


Liputan :  Le spectacle de danses Indonésiennes
Oleh : Nararya Narottama (PPI Paris)


         Pada tanggal 23 Maret 2012 yang lalu, rekan-rekan dari PPI Paris dan PPI Amiens, bersama rombongan seni yang tergabung dalam Asosisasi Sekar Jagat Indonesia (SJI) berkesempatan untuk pentas di Université du Havre, Le Havre, Prancis.  Nama acara ini adalah «Spectacle de danses Indonésiennes», bertempat di Maison de l’Etudiant, Université du Havre.

         Rombongan berangkat pukul 13.30 siang dari Paris, dengan jumlah penari lebih dari 20 orang, berbagai tarian daerah dipentaskan. Termasuk berbagai tarian dari daerah Sumatra, Jawa dan Bali.     
         Anggota dari Asosiasi Sekar Jagat Indonesia (SJI) berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, mereka sebagian besar sudah lama menetap dan berkeluarga di Prancis. Dengan semangat Bhineka Tunggal Ika, perbedaan tersebut bukan menjadi suatu penghalang, melainkan semakin memperkuat semangat persatuan dan kesatuan diantara anggotanya.
Backstage: Senyum deg-degan sebelum pentas
         Ketua sekaligus penggagas Asosiasi Sekar Jagat Indonesia, Ni Putu Anggawati mengatakan bahwa asosiasi ini terbentuk karena terinspirasi oleh semangat kekeluargaan dan kekompakan dari para anggotanya. Asosiasi ini sekaligus ingin melestarikan dan mempromosikan kebudayaan Indonesia. Pada mulanya, asosiasi ini masih terbatas pada acara berkumpul bersama saja, namun seiiring dengat waktu, ada niat untuk mengisinya dengan kegiatan bermakna, yang bernafaskan budaya dan  seni.
         Untuk memfasilitasi agar semua anggota mampu berpartisipasi secara aktif, maka diperlukan sebuah tarian yang bisa dimainkan secara massal, maka dipilihlah Tari Kecak, tarian dari Bali ini bisa dimainkan oleh puluhan hingga seratusan orang. Pada awalnya, jumlah anggota SJI hanya 7 orang, dan terus berkembang hingga saat ini berjumlah 55 orang.
         Asosiasi Sekar Jagat Indonesia merupakan sebuah wadah kekeluargaan, yang dibentuk pada akhir Juni 2011, asosiasi ini secara rutin melaksanakan latihan tari setiap dua minggu sekali, di Sasana Budaya KBRI Paris.

Exhibition before the show

         Acara dimulai dengan pameran foto yang berjudul «Archipel de spectacles»,  serta pameran produk-produk kerajinan khas Indonesia, pameran kain batik, wayang dan topeng, diikuti dengan wisata kuliner Indonesia,
         Pentas kemudian dilanjutkan dengan parade pakaian Batik yang dibawakan oleh para mahasiswa Université du Havre serta keluarga dari Indonesia yang tinggal di Le Havre, disertai narasi mengenai budaya berpakaian di Indonesia.  Dijelaskan pula tentang keberagaman suku, ras dan agama di Indonesia, serta semangat Pancasila yang mampu mempersatukan semua perbedaan tersebut.
         Tarian pertama yang tampil adalah Tari Pendet. Pada tahun 2009, tarian tradisional Bali ini pernah dipakai Malaysia dalam iklan promosi pariwisata mereka, dan masyarakat Indonesia sempat bereaksi keras atas peristiwa tersebut. Tarian ini dibawakan oleh beberapa penari putri, salah satunya adalah Ni Ketut Sutrisnawati, dari PPI Paris.
         
Selanjutnya, dipentaskan Tari Jaipong, sebuah tarian tradisonal khas Jawa Barat.  Tarian ini sangat populer, dan sering dipakai dalam misi-misi kesenian internasional.
         Tarian ketiga adalah Tari Cendrawasih dari Bali, tarian ini terinspirasi dari indahnya burung Cendrawasih yang bergerak dengan lincah dan gemulai. Dibawakan oleh Mbak Wulan dari SJI, dan Suci Lestari Yuana (Nana) dari PPI Paris. Diikuti dengan 
sebuah tarian dari Jawa Barat, yakni Tari Kandagan, dibawakan dengan sangat apik oleh Mas Rizki.
         Pada pertengahan acara, diadakan sebuah prosesi penyambutan. Kurang lebih 20 orang ikut dalam prosesi ini dengan memakai pakaian tradisional Bali, termasuk beberapa anak kecil yang tampil dengan ceria dan penuh percaya diri. Diiringi dengan gamelan Bali, para penonton disambut dengan lemparan bunga.
         Acara kemudian dilanjutkan dengan Tari Panji Semirang, yang dibawakan oleh Kadek Yulia, diikuti oleh penampilan Tari Piring, tarian khas Minangkabau, Sumatra Barat, yang dibawakan oleh  Mbak Wulan dari SJI.
         Penampilan selanjutnya adalah Tari Baris Kembar, sebuah tarian yang merupakan modifikasi dari Tari Baris Tunggal klasik. Tarian ini menceritakan keberanian seorang ksatria yang akan siap berperang. Dengan memakai pakaian perang yang megah, memakai mahkota berkilau yang terbuat dari kulit kerang dan keris yang siap dihunus, para penari tampil dengan lincah dan bersemangat. Tarian ini dibawakan oleh Nararya Narottama (PPI Paris) dan I Nyoman Krisna (PPI Amiens). Tarian berdurasi 8 menit ini mampu membius penonton, dan diakhiri dengan tepuk tangan yang sangat meriah. Lihat video: Disini
         Di puncak acara, ditampilkan Tari Kecak, hampir semua penari turut serta dalam tarian ini. Para penari yang sebagian besar dari SJI, duduk melingkar dalam posisi bersila. Mereka tampak begitu bersemangat membawakan tarian ini, begitu pula rekan-rekan dari PPI. Koordinator tarian ini adalah I Wayan Lanang Nala, dari PPI Paris.
         Para penonton terkesima ketika ke para penari bergiliran tampil dan dengan piawai menari. Tidak seorangpun yang beranjak dari tempat duduknya, acara ini juga dihadiri oleh Atase Pendididkan KBRI, Bapak Syafsir Akhlus, beserta jajaran beliau. Para penonton tampak sangat puas dan memberikan standing applause bagi seluruh penari. Acara kemudian ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama.

Asosiasi Sekar Jagat Indonesia berfoto bersama
            Sampai saat ini, Asosiasi Sekar Jagat Indonesia sudah beberapa kali diundang pentas, antara lain pentas bersama dengan Asosiasi Sokasi Banten, pentas di gedung Academy Diplomatic International, pentas tari di Marché au Puce, di Université du Havre dan diundang menari di Berlin tanggal 3 Mei 2012 nanti. Diharapkan kerja sama antara PPI dan SJI dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa depan.


Nararya Narottama

Seperti dimuat dalam e-majalah SALUT No. 1 Edisi Mei 2012




1 comment:

  1. Terimakasih. Sangat membantu. Jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2MZshrf

    ReplyDelete